LAUNCHING POSBINDU PTM PRODI D3 KEPERAWATAN BLITAR

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) adalah suatu kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik dalam suatu lingkungan masyarakat. Kegiatan ini telah dilakukan di Prodi D3 Keperawatan Blitar pada bulan Agustus 2017 dan telah dibentuk susunan panitianya. Launching Posbindu PTM Prodi D3 Keperawatan Blitar ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2017 yang juga diikuti dengan pembentukan kader-kader dari mahasiswa tingkat 1, 2, dan 3. Nantinya kader-kader yang telah terpilih ini akan melalui pendidikan dan pelatihan Posbindu PTM agar menjadi kader yang terlatih. Tujuan dari didirikannya Posbindu PTM Prodi D3 Keperawatan Blitar adalah untuk mendeteksi faktor risiko penyakit yang ada di lingkungan prodi.

Kegiatan pokok yang dilakukan  yaitu pengecekan gula darah, asam urat, dan kolesterol rutin. Gerakan makan buah dan sayur, diklat kader, sosialisasi kesehatan, senam CERDIK, penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga), pembuatan slogan sehat lingkungan, penerapan Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan peregangan oto seperti olahraga rutin.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai selesai. Kegiatan pertama ada peregangan otot yaitu senam CERDIK bersama-sama dari seluruh mahasiswa, dosen, dan staf karyawan. Kemudian ada sambutan dari Ibu Sri Untari sebagai perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Blitar. Dilanjutkan  Ibu Sri Winarni, S.Pd., M.Kes selaku Ketua Prodi D3 Keperawatan Blitar memberikan sambutan.

Kegiatan selanjutnya adalah gerakan makan buah bersama-sama yang dipimpin oleh Ibu Sri Winarni, S.Pd., M.Kes., lalu diikuti oleh semua mahasiswa, dosen, dan staf karyawan. Kemudian dilanjutkan ke acara inti yaitu Launching Posbindu PTM D3 Keperawatan Blitar dengan pemotongan pita dan pelepasan balon. Acara pun ditutup dengan doa.

kaleid prodita