PROMOSI KESEHATAN PHBS

Promosi Kesehatan mengenai Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan penanaman nilai PHBS melalui promosi kesehatan yang dapat dilakukan di sekolah dan masyarakat. Kegiatan ini bernama Wash (Water and Sanitation Hygiene Promotion). Kegiatan ini adalah program dari PMI Kabupaten Blitar yang dilaksanakan sebagai lanjutan dari program Wash sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 12 Desember 2017 di SDN Kaligambir 02 dan SMP Negeri 1 Atap di Dusun Pegunungan Pucung Desa Kaligambir Kec. Panggungrejo Kab. Blitar.

Program ini diawali dengan pembangunan sumber mata air untuk warga sekitar untuk memudahkan waraga dalam mendapat kan air bersih. Kemudian mengajarkan pada anak-anak SD dan SMP tentang cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar. Setelah itu Tim WASH PMI mengadakan sosialisasi yang sasarannya adalah masyarakat yang ada di sekitar sekolah tersebut.

Di SDN Kaligambir 02 sebelumnya telah ada tempat untuk mencuci tangan yang dibangun PMI. Anak-anak di sana juga sangat antusias mengikuti langkah-langkah yang diajarkan oleh Tim WASH. Dalam menjangkau tempat tersebut Tim Wash PMI harus menggunakan ambulance PMI karena kondisi jalan yang sulit sehingga membutuhakn waktu dan tenaga ekstra untuk sampai di sana. Hal ini semakin membuat tim dari Prodi Blitar semakin semangat mengikuTi keGiatan tersebut.

kaleid prodita