PEMBUATAN LAMPU TOMCAT TRAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TATANAN ASRAMA

Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Malang  Prodi D3 Keperawatan Blitar merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang Sumber Daya Manusianya dapat disandingkan dengan perguruan ternama lainnya dalam hal prestasi. Sebab para mahasiswanya selalu mempunyai suatu karya yang inovatif, kreatif dan pastinya berprestasi. Bukti nyata adalah perlombaan karya inovasi dalam pembuatan Lampu Tomcat Trap dan tidak tanggung-tanggung menyabet gelar juara. Berbekal itu maka mahasiswa tingkat III khususnya tingkat III A telah melaksanakan dan melakukan suatu kegiatan untuk memenuhi tugas akhir Keperawatan Komunitas yang diadakan dilingkungan asrama dan diterapkan kepada seluruh  tingkat I. Adapun salah satu kegiatan yang ada didalamnya adalah lomba pembuatan Lampu Tomcat Trap antar penghuni asrama.

Tim yang sudah terbentuk ditugaskan untuk menganalisa data yang didapat pada tahap pengkajian. Setelah itu dilakukan pemaparan data kepada wilayah binaan terkait, pada hal ini adalah mahasiswa asrama tingkat I. Pemaparan data ini dinamakan MMD atau Musyawarah Masyarakat Desa. MMD sendiri dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2017. Acara tersebut dihadiri oleh dosen Keperawatan Komunitas, Penanggungjawab asrama, Sarpras serta Kebersihan. Pada MMD dilakukan pemaparan data dan pencarian solusi untuk menangani masalah yang ada. Selanjutnya adalah diskusi, adapun hal yang didiskusikan yaitu tentang RTL atau Rencana Tindak Lanjut. Proses diskusi ini ditunjukkan supaya daerah binaan dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Pada MMD yang berlangsung, masyarakat asrama dibantu dalam memecahkan masalah oleh perawat komunitas yang terdiri dari seluruh tingkat III A.

Kegiatan ini dilakukan dua hari. Hari pertama dilakuakn di ruang rapat, yang agendanya penjelasan PHBS dan penjelasan membuang pembalut yang benar. Kemudian hari ke dua, dilakukan di asrama dan di auditorium yang agendanya membersihkan asrama dan membuat lampu Tomcat Trap. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16 November 2017.

Kegiatan yang telah dilakukan sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya, dalam pembuatan lampu Tomcat Trap sampai saat ini dapat digunakan oleh masing-masing penghuni asrama dan PHBS yang telah diterapkan di lingkungan asrama maupun lingkungan kampus. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui kebiasaan berperilaku penghuni asrama apakah sudah sesuai dengan sistem PHBS atau belum. Jika sudah menerapkan sistem PHBS tersebut maka akan tercipta kenyamanan diri sendiri serta lingkungan sekitarnya. Adapun juga tujuan khusus dari pembuatan lampu tomcat Trap ini adalah, untuk mengurangi jumlah penguni asrama yang terkena serangan Tomcat. Karena banyak penguni asrama mengeluh diserang Tomcat khususnya asrama putri. Akibat dari serangan Tomcat itu sendiri adalah penyakit Dermatitis sebab Tomcat itu tidak mengigit tetapi mengeluarkan cairan yaitu Paederin. Sampai saat ini PHBS pada lingkungan asrama maupun Kampus tetap diterapkan sehingga selalu tercipta lingkungan yang aman,nyaman dan bersih.

kaleid prodita