MEMBACA DAN MANFAATNYA

Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan (wikipedia). Abdullah (1990:2) mengungkapkan bahwa membaca adalah salah satu kegiatan aktif mencari informasi yang kita dapat dalam bacaan Dalam membaca, diharapkan pembaca memahami apa yang dibaca, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

Berikut ini adalah manfaat yang diterima otak dan tubuh saat  kita membaca buku.

1. Melatih kemampuan berpikir
Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang kita sukai, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Membaca membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata. Kebiasaan membaca memacu otak Anda berpikir dan berkonsentrasi.


2. Meningkatkan Pemahaman
Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setelah membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.


3. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa survive dalam menghadapi gejolak zaman.

4. Mengasah kemampuan menulis
Selain karena wawasan kita untuk bahan menulis semakin luas, kita juga bisa mempelajari gaya-gaya menulis orang lain dengan membaca tulisannya. Lewat membaca kita bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.


5. Mendukung kemampuan berbicara di depan umum
Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan membangun kepercayaan diri.  Semakin banyak yang kita baca, semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan


6. Meningkatkan Konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. 


7. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, catur, puzzle dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Membenamkan diri dalam buku yang bagus benar-benar dapat memperpanjang umur pikiran kita. 


8. Sarana Refleksi dan Pengembangan Diri
Kita dapat mengetahui pemikiran seorang pengusaha atau seorang trainer tanpa kita harus menjadi pengusaha atau trainer. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu kegiatan dan pekerjaan.  


9. Menghilangkan stres.
Tingkat stres mereka yang melakukan aktivitas membaca turun 67 persen. Itu merupakan angka yang signifikan dibanding dengan kelompok yang melakukan kegiatan selain membaca.

 

10. Meningkatkan kedisplinan.

Mencari waktu untuk membaca adalah sesuatu yang kita sudah mengetahuinya untuk dilakukan. Menambahkan aktivitas membaca buku ke dalam jadwal harian kita dan berpegang dengan jadwal tersebut akan meningkatkan kedisiplinan.

 

11.Mengurangi kebosanan.

Jika kita ingin memecahkan rasa malas yang monoton, dan kehidupan yang tidak kreatif dan membosankan, maka pergi dan ambillah satu buku yang menarik. Bukalah halaman-halamannya dan jelajahi dunia baru yang penuh dengan informasi dan kecerdasan.

kaleid prodita