8 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Otak

1. Terus Mempelajari Hal Baru

Mempelajari hal baru membutuhkan kemampuan kognitif. Dengan mencari aktivitas yang disukai dan menstimulasi otak,  misalnya membaca buku, merakit puzzle, berkebun, dll.

2. Hindari Multitasking

orang yang fokus menyelesaikan suatu pekerjaan akan memiliki ingatan yang lebih baik. selesaikanlah satu pekerjaan sebelum memulai mengerjakan pekerjaan lain.

3. Melatih Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik dikenal pula dengan jembatan keledai. dapat dilakukan dengan membuat akronim atau singkatan, memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan, dll.

4. Tidur Cukup di Malam Hari

manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya jika mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tidur cukup juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk hal-hal yang lebih menantang.

5. Melakukan Permainan Otak

Memainkan permainan cobalah secara rutin melatih otak dengan melakukan permainan otak paling tidak selama 20 menit dalam sehari.

6. Repetisi Ingatan

Repetisi ingatan dapat dilakukan dengan bantuan mencatat hal yang penting di buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru dikenal berulang-ulang,serta mengulang kalimat yang dikatakan seseorang pada Anda.

7. Hidup Terorganisir

Mulailah untuk hidup lebih terorganisir untuk mengurangi pikun karena kecerobohan diri sendiri. Memiliki agenda harian akan membuat seseorang lebih fokus dan meningkatkan ingatan.

8. Visualisasikan

 

Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama saat bertemu.

 

 Sumber : 

http://www.tipspengembangandiri.com/

cara-meningkatkan-daya-ingat/

 

kaleid prodita