Profil Prodita

~ VISI ~

MENJADI PROGRAM STUDI KEPERAWATAN VOKASI YANG BERKARAKTER DAN UNGGUL PADA TAHUN 2019

~ MISI ~

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi vokasi bidang keperawatan, khususnya keperawatan kegawatdaruratan dan bencana sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, berdasarkan Pancasila, didukung teknologi informasi, dan sistem penjaminan mutu.
  2. Melaksanakan penelitian terapan dibidang keperawatan dan mengembangkan publikasi ilmiah yang terakreditasi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian terapan di bidang keperawatan
  4. Meningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang keperawatan
  5. Mengembangkan kerjasama Nasional dan Internasional dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Melaksanakan tatakelola organisasi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan adil.
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang profesional dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

~ SEJARAH ~

Prodi D3 Keperawatan Blitar merupakan perkembangan pendidikan yang dimulai dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Blitar yang berdiri sejak tahun 1981. Sekolah Perawat Kesehatan menerima input dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), walaupun angkatan pertama pada waktu itu lebih banyak yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Proses pendidikan selama 3 tahun, dan kemampuan kompetensi lulusan diharapkan mampu menangani bidang keperawatan maupun bidang kebidanan (multi purpose). Sedangkan antara kegiatan teori dan praktik berjalan berimbang yaitu 50% teori dan 50% praktik. Pimpinan pertama kali adalah Bapak H. Ahmad Toha Maskur yang merangkap jabatan sebagai direktur RS Mardi Waluyo Kota Blitar, yang secara geografis tempatnya berhadapan langsung dengan Sekolah Perawat Kesehatan.

SPK Blitar 1981

Menuju Poltekkes dibawah naungan Depkes

Sekolah Perawat Kesehatan telah meluluskan 7 angkatan dan bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, baik di wilayah Blitar maupun di luar Blitar. Sejak tahun 1998, Sekolah Perawat Kesehatan telah dikonversi menjadi Akademi Keperawatan Depkes Blitar Provinsi Jawa Timur, sesuai dengan keputusan Menkes RI No HK.00.06.1.3.2989 tanggal 24 Juni 1998. Sejak saat itu proses pembelajaran berubah menggunakan kurikulum Akademi Keperawatan dan input mahasiswa berasal dari SMA. Selanjutnya Akademi Keperawatan Depkes Blitar terjadi peralihan manajemen dari Akademi Keperawatan Depkes Blitar ke Politeknik Kesehatan Depkes Malang, sesuai dengan surat keputusan Kapusdiknakes Depkes RI no HK.00.06.2.1.04520 tanggal 26 November 2001, tentang pembentukan tim Ad Hoc. Pengorganisasian Poltekkes Depkes Malang dalam masa peralihan.

Sejak saat itu, yang sebelumnya Akademi Keperawatan bergabung menjadi Program Studi D3 Keperawatan Blitar. Hal ini ditindaklanjuti dengan keputusan Menkes RI no KP.04.05.4.3.18094 tanggal 27 November 2001 tentang peralihan keryawan Akademi Keperawatan Blitar telah menjadi Politeknik Kesehatan Malang. Selanjutnya, berdasarkan keputusan Menkes no 1207/Menkes/SK/XI/2001 tentang pembentukan Politeknik Kesehatan Malang tanggal 12 Nopember 2001, maka sejak saat itu Prodi D3 Keperawatan Blitar secara sah sebagai program studi Keperawatan di bawah Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang. Kemudian berdasarkan SK Mendikbud RI no 355/E/O/2012, maka Prodi D3 Keperawatan Blitar Polekkes Malang, alih bina penyelenggaraan kegiatan dari Kementerian Kesehatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan SK alih bina Mendikbud RI tanggal 10 Oktober 2012. Untuk menetapkan kualitas kompetensi peserta didik Prodi D3 Keperawatan Blitar Poltekkes Kemenkes Malang, juga telah mengalami penetapan strata akreditasi dengan diterbitkannya tahun 1998, 2001, 2010.

Akreditasi "B" oleh LAM-PTKes