Bedah Buku

By Kampus Utama Jalan Besar Ijen 77C Malang - Jawa Timur 27 Jun 2024, 14:43:27 WIB Kegiatan Kampus
Bedah Buku

Pendidikan Karakter Memiliki Peran Yang Sangat Penting Dalam Pembentukan Mahasiswa Keperawatan Yang Berkualitas

 

Polkesma – Unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Malang Prodi D3 Keperawatan Blitar, melakukan kegiatan bedah buku yang berjudul “Penerapan Konsep Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Keperawatan”.  Dengan narasumber Penulis buku Mujito A.Per.Pen., M.Kes, Pembedah 1 Prof. Dr. Suprajitno, S.Kp., M.Kes, dan Pembedah 2 Dr. Ahsan, S.Kp, MK.kes, dan  dimoderator oleh Andi Hayyun Abidin, S.ST., M.Sc. Kegiatan ini dilakukan secara zoom meeting pada hari kamis, 20 Juni 2024 pukul 08.00 s.d 11.00. Pada acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 257 peserta baik dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa Polkesma Prodi D3 Keperawatan Blitar.

 

Acara dimulai dengan sambutan oleh Direktur Politeknik Kesehatan Malang Dr. Moh. Wildan, A.Per.Pen., M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasinya dalam kegiatan bedah buku ini dan harapan agar kedepannya semua civitas akademika baik dosen, tendik dan mahasiswa terus produktif untuk menghasilkan sebuah karya berupa buku. Setelah menyanyikan lagu Indonesia raya dan doa pembuka,  kegiatan inti bedah buku dimulai dengan penjambaran isi buku oleh Mujito sebagai penulis buku “Penerapan Konsep Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Keperawatan”. Buku ini terdiri dari 7 Bab, diantaranya pada bagian awal sebelum Bab 1 ada prakata penulis, kata pengantar, dan daftar isi. Di bagian akhir buku terdapat Daftar pustaka, Index, Glosarium, dan Profil Penulis, Ujar Mujito memulai menjelaskan tentang isi bukunya.

 

Pada Bab 1 Mujito menjelaskan tentang Pendidikan karakter dalam Konteks mahasiswa Keperawatan, Tujuan Pembahasan, Peran Dosen Pengajar, Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Karakter dan harapan akhir. Dilanjutkan pembahasan pada Bab 2 mengenai Pengertian Pendidikan karakter, Tujuan Pendidikan Karakter, Sistem Karakter, Unsur-Unsur Karakter, Ruang lingkup Pendidikan Karakter, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendidikan Karakter, Fungsi Pendidikan Karakter, Peran Pendidik dalam Membentuk Karakter, Prinsip-Prinsip Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Karakter dalam Profesi Keperawatan, Strategi Pendidikan Karakter. Pada Bab 3 Berisi tentang  Nilai Karakter Menurut Florence Nightingale, Pengembangan Nilai Jujur, Pengembangan Nilai Integritas, Pengembangan Nilai Simpati, Pengembangan Nilai Kerendahan Hati, Pengembangan Nilai Berterimakasih. Dilanjutkan pada Bab 4 tentang Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Bermain Peran, Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Simulasi, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Pembelajaran Mandiri, Pembelajaran Elektronik. Pada bab 5 ada Penilaian Diri, Penilaian dari Pendidik, Penilaian dari Rekan, Pengembangan Portofolio Karakter. Pada Bab 6 mengenai Pengertian Soft Skill, Kemampuan Intrapersonal dan Interpersonal, Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Soft Skill, Manfaat Soft Skill, Komponen Soft Skill, Karakteristik Soft Skill, Perbedaan Soft Skill Dengan Hard Skill, Upaya Pengembangan Atribut Soft Skill. Dan terakhir pada Bab 7 Berisi  tentang Kesimpulan dari seluruh isi buku yang dirangkum dalam 5 hal penting terkait implikasi pendidikan karakter dalam profesi keperawatan, diantaranya peningkatan keterampilan interpersonal, penguatan etika professional, pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreativitas juga inovasi dan keberhasilan karir jangka panjang.

 

 

Setelah pembahasan buku per bab oleh Mujito dilanjutkan dengan review dan saran dari pembedah satu dan Dua. Prof. Dr. Suprajitno, S.Kp., M.Kes dan Dr. Ahsan, S.Kp, M.Kes. Diawali dengan Pembedah satu memberikan saran terkait halaman daftar isi, kemudian tentang metode penulisan dan terkait Hak cipta pada halaman paling belakang. Dilanjutkan mengenai isi buku, Prof. Suprajitno mengatakan pada halaman tertentu seperti pada halaman 16 alinea 3, halaman 27, halaman 29 dan seterusnya ada beberapa koreksi terkait isi/ konten buku tersebut. Riview dan saran terakhir yang disampaikan oleh Prof. Suprajitno mengenai format evaluasi dari rekan tentang karakter mahasiswa dan penulisan judul buku yang sebaiknya tidak ada kata “konsep”, karena pendidikan karakter bukan konsep karena dirasa di dalamnya tidak ada pembahasan tentang konsep. Beliau juga menyarankan agar judul lebih singkat yaitu “Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Keperawatan” karena pembahasan di dalamnya lebih dari pada pendidikan karakater bagi mahasiswa, tapi bagaimana pendidikan karakter itu dan bagaimana caranya penilainnya.

 

Kegaiatan Dilanjutkan dengan tanya jawab singkat oleh Dosen Keperawatan Ns. Miftachul Ulum, S.ST, S.Kep.,M.Kes mengenai generasi Z yang dirasa kurang mementingkan karakter, bagaimana fenomena perawat dimana mereka berhadapan dengan banyak orang dan kita ketahui bahwa fenomena di luar tentang kepekaan/ responsif, bagaimana cara menciptakan karakter individu menjadi peka terhadap pelayanan keperawatan.

 

 

Setelah sesi tanya jawab singkat acara Selanjutnya adalah Riview dan saran dari Dr. Ahsan Dosen Keperawatan Universitas Brawijaya. Riview dan saran beliau terkait buku Mujito yang berjudul “Penerapan Konsep Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Keperawatan”.  Adalah terkait pemilihan Judul yang dirasa sangat menarik dan menjadi penting untuk membentuk karakter dan akhlak perawat yang lebih profesional dan religius, kemudian terkait dengan ukuran ketebalan buku yang dirasa sudah bagus, untuk katagori buku, teori dasar yang belum disampaikan secara maksimal ujar Ahsan Dosen Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya. Selanjutnya beliau menyampaikan terkait manfaat dalam buku yang dirasa sangat luar biasa, juga terkait inovasi yang bisa diterima orang lain antar generasi. Dilanjutkan dengan riview dan saran terkait pendahuluan, metode pembelajaran, evaluasi pendidikan, soft skill, kompetensi, tujuan, dan pencamtuman hasil penelitian.

 

Setelah kedua pembedah memberikan tanggapan dan sarannya, kegiatan dilanjutkan oleh pertanyaan oleh moderator dan peserta zoom meeting yaitu terkait sitasi yang baik yang bisa kita implementasikan di sebuah e-book, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menyikapi saat ini gadget yang sangat berpengaruh pada mahasiswa keperawatan dan bagaimana cara menyikapinya. Pertanyan terakhir disampaikan oleh mahasiswa keperawatan oleh Laili Prodi D3 keperawatan Blitar tentang bagaimana tips dan trik dalam menulis buku sehingga dapat memotivasi para mahasiswa untuk berpendidikan lebih lanjut.

 

 

Kegiatan riview dan saran oleh pembedah ditutup dengan Kesimpulan oleh Ahsan, beliau mengatakan bahwasannya “setiap orang yang sehat pasti punya ide, kemudian ide tersebut dapat dikembangkan, ide akan muncul jika pikiran kita rileks dan tidak tertekan dan jangan putus asa. Catat yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda catat. Kritikan merupakan media pembelajaran untuk menyempurnakan sebuah karya. Membuat karya seperti meminum jamu “Memang pahit di awal tapi lama-lama menyehatkan”




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment