Sukses Selenggarakan Literasi Fotografi dan Videografi

By Kampus Utama Jalan Besar Ijen 77C Malang - Jawa Timur 07 Mei 2024, 17:00:37 WIB Kegiatan Kampus
Sukses Selenggarakan Literasi Fotografi dan Videografi

Literasi  Fotografi dan Videografi

 

Sabtu, 27 April 2024 Layanan Perpustakaan Prodi D3 Keperawatan Blitar kerjasama dengan UKM KI & Jurnalistik Prodi D3 Keperawatan Blitar menggelar kegiatan Literasi Fotografi dan Videografi dengan tema “Pembinaan dan Pelatihan Ketrampilan Dokumentasi dan Publikasi Kegiatan Sebagai Wujud Transformasi Digital Bagi Mahasiswa Berbasis Inklusi”, dengan narasumber Bapak Sunari. Pelatihan fotografi dan videografi ini sangat penting untuk menambah pengetahuan mahasiswa dalam bidang fotografi dan videografi serta dapat meningkatkan dan mengembangkan softskill mahasiswa sebagai generasi muda yang ahli  dalam digitalisasi.

 

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Bapak Sunari sendiri yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama, yaitu mengenal kamera DSLR. Peserta pelatihan tampak memperhatikan dengan baik terkait cara penggunaan kamera DSLR. Setelah materi pertama, dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua dan ketiga, yaitu tips dan trik dasar pengambilan foto dan mengenal stabilizer. Bapak Sunari menyampaikan terkait teknik pengambilan foto yang baik, seperti pengambilan foto potrait untuk menghighlight 1 objek dan pengambilan foto landscape untuk menangkap realita sesuai cara mata memandang. Kegiatan dilanjutkan dengan proses pengambilan foto produk oleh peserta pelatihan sendiri yang kemudian akan dinilai satu persatu oleh Bapak Sunari. Peserta pelatihan tampak begitu antusias dalam mencoba mengambil gambar dikarenakan hal ini merupakan pengalaman pertama mereka dalam melakukan pengambilan foto produk. Setelah pengambilan foto produk selesai, Bapak Sunari memberikan penilaian singkat dan dilanjut dengan agenda berikutnya, yaitu ISHOMA selama 1,5 jam. Namun, Sebelum melaksanakan ISHOMA, para peserta diberikan tugas pengambilan foto potrait, landscape, dan video bertema kampus.

 

Kegiatan setelah ISHOMA adalah pemaparan materi mengenai pengenalan podcast dan pengenalan OBS, Zoom, dan Droidcam.  Bapak Sunari menjelaskan aplikasi OBS yang terdengar asing di telinga para peserta. OBS merupakan Aplikasi screen recorder pada laptop yang menawarkan perekaman dan streaming dalam definisi tinggi. Setelah pemaparan materi selesai, lanjut pada kegiatan terakhir, yaitu review dan penilaian tugas fotografi dan videografi yang diberikan sebelum ISHOMA. Bapak Sunari memberikan komentar, saran, dan apresiasi pada foto dan video yang merupakan karya dari peserta sendiri. Kegiatan yang terakhirpun telah usai, kegiatan ditutup oleh Bapak Sunari dengan diskusi mengenai acara untuk pertemuan selanjutnya dan sesi foto bersama.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment