KERJASAMA INTERNASIONAL

By Kampus Utama Jalan Besar Ijen 77C Malang - Jawa Timur 20 Mar 2024, 17:22:34 WIB Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
KERJASAMA INTERNASIONAL

IMPLEMENTASI KERJASAMA KEGIATAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI POLTEKKES KEMENKES MALANG DI VISAYAS STATE UNIVERSITY, PHILIPPINES  11 – 12 OKTOBER 2023

 

Philippines. Kemenkes --- Politenik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma) yang diwakili oleh Wiwin Martiningsih, M.Kep. PhDNS dari Jurusan Keperawatan Prodi D3 Keperawatan Blitar dan Dr. Ekowati Retnaningtyas, S.Kp.,M.Kes dari Prodi D3 Teknologi Bank Darah mengimplementasikan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan Visayas State Unversity (VSU), Philippines pada bulan Oktober 2023.

Kegiatan hari Rabu, 11 Oktober 2023 di Visayas State Unversity diawali dengan meeting Bersama Dean of Nursing dan Vice Presiden Bidang Riset Membahas terkait perijinan penelitian atau pengambilan data untuk pelaksanaan riset tahun 2023. Pada hari yang sama  selanjutnya bersama 5 anggota tim riset (3 orang dari VSU dan 2 orang dari Polkesma) mempresentasikan terkait Protokol riset kolaborasi dan pengembangan kuesioner oleh tim peneliti, dan diskusi terkait proses perijinan pengambilan darah HbA1C yang merupakan bagian dari data yang harus dikumpulkan di VSU dan pembahasan mengenai program riset tahun berikutnya. Pembahasan terakhir adalah mengenai dimungkinkannya mengundang secara online untuk perencanaan riset selanjutnya.

                                                              Meeting dengan Vice President of Research

                                                                                 Meeting Joint Research

Kegiatan hari Kamis tanggal 12 Oktober 2023, berupa kegiatan Pengabdian Masyarakat tentang edukasi penyakit Diabetes Mellitus dan exercise DM seri 2 dan senam kaki diabetik di Barangay Marcos, menggunakan video senam kaki Diabetik yang dibuat oleh Poltekkes Kemenkes Malang Prodi D3 Keperawatan Blitar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 44 0rang terdiri dari kader Kesehatan Barangay Marcos Philippines, para Dosen Poltekkes kemenkes Malang dan Dosen Visayas State University,” tutur Ibu Wiwin.

 

                                                    Senam kaki diabetes bersama Masyarakat Barangay Marcos

“Setelah kegiatan edukasi dan senam usai, dilanjutkan dengan meeting dan membahas mengenai student exchange dan aktivitas mahasiswa yang bisa dikolaborasikan dengan Poltekkes Kemenkes Malang. Kegiatan dilanjutkan dengan pembelajaran di kelas oleh Dr. Ekowati Retnaningtyas dan Dr. Wiwin Martiningsih. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bergantian dan diakhiri dengan kuis tentang materi yang terkait dan diakhiri dengan pemberian souvenir kepada 15 mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan. Kegiatan di Visayas State Unversity ditutup dengan melakukan meeting bersama seluruh Dosen dan Dekan,” ujar Ibu Wiwin dalam wawancaranya beberapa saat yang lalu.

 

                                                                      Kegiatan Pembelajaran di Kelas

“Dari kegiatan kerja sama ini selanjutnya VSU akan melakukan kunjungan ke Polkesma, tahun ini gagal karena akan ada pemilihan Presiden Universitas, kunjungan dan kegiatan guest lecture akan dilakukan secara luring. Harapan dari kedua belah pihak kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terus berlanjut, terutama kegiatan kemahasiswaan. Sedangkan untuk riset yang berjalan saat ini, apabila ada permasalahan akan dilakukan diskusi secara online, baik melalu whatsapp, messenger maupun zoom meeting oleh tim peneliti,” imbuhnya.

                                                                Bersama Bapak Ibu Dosen VSU

                                                       Bersama Bapak Ibu Dosen dan Mahasiswa

“Dari Kunjungan ke VSU tentunya memberikan dampak yang signifikan terutama terkait riset kolaborasi, mengingat salah satu problem adalah pengambilan data terkait HBA1C, dan telah kita sepakati bersama tehniknya. Selain itu kunjungan ke VSU ini dapat meningkatkan rasa saling percaya antar institusi, terbukti dengan banyaknya kegiatan yang ditawarkan kedepannya nanti dan terjalinnya hubungan yang harmonis antar Dosen dan sambutan yang antusias dari ke dua Vice Presiden. Dari kegiatan ini Dosen Poltekkes mempunyai gambaran budaya/ kebiasaan VSU dalam mengelola kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kegiatan pengabmas, masyarakat ( kader Kesehatan Barangay Marcos Philippines) sangat antusias setelah mengetahui bahwa yang melakukan edukasi adalah dosen dari Indonesia,” tutur Ibu Wiwin.

Selanjutnya harapannya adalah pada tahun berikutnya kegiatan Guest Lecture tetap bisa dilaksanakan dengan sasaran Mahasiswa VSU, seandainya tidak bisa dilakukan secara Luring dapat dilakukan secara daring, dengan melakukan diskusi sebelumnya, terutama pada saat awal pembelajaran, kemudian perlu adanya rancangan kegiatan untuk Mahasiswa dan dilanjutkan kegiatan riset kolaborasi untuk tahun berikutnya.

      

                                                                      Dokumentasi Kegiatan

 

 

 

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment